Senin, 03 Oktober 2016

Terang Bulan Bangka yang Kenyal

Resep #30
Bedanya terang bulan ini dengan yang versi bolu adalah pada teksturnya. Kalau yang terang bulan/martabak bolu ala mba Rina Rinso itu lembuuut di mulut, pake teflon (asalkan pinter ngatur panasnya) juga bisa jadi. Beda dengan resep versi terang bulan bangka ini pemirsa. Kalau resep ini akan menghasilkan martabak yang kenyal, jika mau agak lembut ganti air dengan susu cair.

Versi ini dulu aku otak atik beberapa kali baru bisa nemu 'rasa' yang pas, supaya berhasil sarang cantik. Karena aku ga pakai cetakan khusus terang bulan, melainkan pake set bakin pan dari signora punya mertua. Akhirnya harus berani trial erorr sampeee dijulukin tukang martabak sama orang rumah karena saking jago nya wkwkwkw...

Sekarang aku setop pake resep ini karena pindah rumah dah ga ada signora lagi, pakenya teflon jadi pake resep yang versi bolu aja deh. aamaan... tingkat keberhasilan cukup tinggi. asalkan ragi nya bener fresh.




Resep cookpad dari





  1. 400 gr tepung segitiga biru
  2. 1 sdt soda kue
  3. 1 sdt vanilla bubuk
  4. 75 gram gula pasir
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1 sdt baking powder
  7. 2 butir telur
  8. 350 ml air 
     
    Topping : sesuai Selera aja, biasanya keju dan meises plus susu kental manis. 
    Kunci martabak kita makin enak ya pake wysman butter untuk olesannya. tapi harganya mihiillll nggak kuattt bok. hihii. 
     
    Cara membuat : 
    1. Campur bahan kulit kecuali baking powder dan telur, kocok dengan whisk selama krg lebih 10 menit hingga berbuih, diamkan adonan minimal 30 menit bisa lebih,tutup kain kering, setelah 30 menit masukan baking powder dan telur, kocok lagi hingga rata jgn lama lama.
    2. Panaskan cetakan martabak, kurang lebih 5 menit dengan api sedang hingga panas merata. Intinya saat kita tuangkan si adonan ke cetakan terdengar bunyi cesss.... gitu, itu ukuran saya kalau panas cetakan udah pas. 
    3. Ratakan pinggirannya dengan 'pantat' sendok sayur agar tercipta pinggiran khas martabak manis.
    4. Tutup, pangang dengan api sedang. Jangan terlalu besar krn akan cepet gosong, jangan kekecilan nanti sarangnya ga kluar  kepermukaan. 
    5. Jika sudah hampir matang (tidak ada permukaan yang terlihat basah, dan pinggiran sudah berubah coklat) maka taburkan gula pasir secukupnya. Tutup, diamkan kurang lebih 2 menit. 
    6. Angkat martabak, olesi dengan mentega, kemudian isi dengan toping. Iris sesuai selera.
    7. Hidangkan selagi hangat. Yummm...
     
    Selamat mencoba !
     
    Durasi persiapan : 30 - 45 menit
    Durasi memasak : 30 menit 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan share jika bermanfaat.